Dec 16, 2016

TRADER PEMULA BAIKNYA PAKE LEVERAGE BERAPA?

Diposkan oleh Ninjaa Trader at 00:53
Trader pemula baiknya pake leverage berapa untuk akun trading? Ini adalah pertanyaan yang sering kita dengar... Namun sebelumnya, perlu diketahui bahwa satu hal penting yang perlu diperhatikan mengenai resiko trading, yaitu leverage. Fasilitas yang satu ini bisa menjadi pedang bermata dua bagi trader. Di satu sisi, leverage bisa membantu trader untuk menempatkan transaksi dengan ukuran yang lebih besar dari kemampuan modal asli. Namun di sisi lain, leverage yang semakin tinggi juga membawa resiko kerugian yang semakin besar.

Dalam satu artikel di Seputarforex.com, telah dibahas bahwa:  trader pemula yang bermodal kecil biasanya lebih rentan untuk memilih leverage tinggi dibanding dengan trader lain bermodal besar. Misalnya saja, trader A perlu mengambil leverage 1:1000 untuk bisa trading dengan ukuran 10,000 USD, karena nilai margin yang mampu dibayarkan hanya sebesar 10 USD. Sementara itu, trader B memiliki kapasitas untuk menggunakan margin sebesar 1000 USD, sehingga untuk bertransaksi senilai 10,000 USD ia hanya mengambil leverage 1:10. Antara leverage 1:10 dan 1:1000, tentu jelas terlihat mana yang lebih beresiko dan mana yang masih aman.

Oleh karena itu, tidak benar untuk langsung mengklaim bahwa modal besar = resiko besar. Anggapan seperti itu mungkin berlaku di bidang lain, tapi tidak di forex. Karena adanya trading margin, ada leverage yang juga perlu diperhatikan di sini. Jadi bila Anda melihat seorang trader berinvestasi dengan modal besar, jangan dulu menilai dia sebagai trader yang terlalu berani mengambil resiko. Justru mereka yang mulai trading dengan modal kecil dan mengambil leverage fantastis-lah yang tergolong nekat.

Lalu apakah ini artinya para pemula harus langsung masuk dengan modal besar? Kenyataannya tidak harus seperti itu. Para pemula bermodal kecil masih berkesempatan untuk memiliki karir trading di bidang forex. Kuncinya, jangan ambil leverage yang terlalu tinggi. Sebagai pemula, Anda tidak perlu khawatir untuk bisa bertrading dengan ukuran yang terlampau besar. Bertransaksilah dengan ukuran transaksi yang ideal bagi pemula, karena hal ini juga searah dengan tingkat resiko trading Anda.

Bila Anda ingin mulai dengan modal kecil, maka sesuaikan juga dengan ukuran transaksi dan target keuntungannya. Jangan hanya karena peluang profit di forex yang memang besar, Anda sudah berani menetapkan target dan ukuran yang tidak realistis jika dibandingkan dengan modal Anda sendiri. Memiliki cara pandang yang realistis adalah langkah pertama untuk membatasi resiko sesuai dengan batas kemampuan dan toleransi Anda.

Buat pemula yang masih hijau dan bau kencur paling aman tetep pake modal yang ndak terlalu besar. profit ndak perlu besar, yang penting proses tradingnya bisa bawa hasil yang konsisten. Pelan-pelan, namanya juga lagi belajar... Kalau udah yakin baru trader itu bisa ningkatin jumlah modalnya & pake leverage yang lebih rendah

Paling penting sebenarnya mengkondisikan harapan supaya tetap sesuai dengan realita. mengatur emosi trading juga perlu, karena ada kalanya saat melihat pergerakan harga yang terlihat menguntungkan, timbul keinginan untuk memperbesar ukuran karena ingin cepat banyak profit, padahal itu tidak lebih hanya memperbesar resiko saja.

Tetapi masalah emosi ini tetap sesuatu yang berjalan seiring dengan pengalaman. yang wajib dipunyai sebagai dasar memulai trading tetaplah harapan yang realistis. supaya tidak sampai timpang antara jumlah modal dan target profitnya. karena hal itulah yang membuat trader berani untuk mengambil leverage yang lebih besar. betul tidak?

Trading kan risiko, jadi harus hati-hati. Meski pake modal kecil leverage besar, kalo kita mampu mengendalikan diri, jangan emosi, jangan ngamuk mentang-mentang pake leverage besar, dan selalu gunakan stoploss... Menurutku juga gak masalah. Tapi kalau masih susah kontrol emosi, ya baiknya menggunakan leverage yang lebih kecil.

Tapi ya terserah Anda..ini hanya untuk referensi saja. Trader pemula baiknya pake leverage berapa?

Lebih bagus ya selain leverage yang dibatasi, resiko per trading juga baiknya diantisipasi karena gejolak pasar memang tidak menentu. Dalam hal ini yang penting kita bisa menyesuaikan nominal resiko sesuai dengan batas yang bisa kita terima sendiri.

Tidak perlu mengikuti saran umum, karena di sini mental kita sendiri yang akan langsung terkena dampak kerugian dan profit yang kita peroleh. Membatasi resiko bisa dengan mengatur jumlah resiko tertinggi untuk setiap trade, menerapakan rasio laba rugi, dsb. patut dicoba dan diterapkan dalam rencana trading.

Selamat mencoba dan selamat belajar. Trader pemulapun berhak untuk sukses. Hayooo mau pake leverage berapa? Masih bingung...?


If you enjoyed this post and wish to be informed whenever a new post is published, then make sure you subscribe to my regular Email Updates. Subscribe Now!


Silahkan Untuk Anda Share:

Demi meningkatkan artikel ataupun materi-materi yang ada, kami selalu mengharapkan dan sangat menghargai komentar-komentar Anda

4 comments:

  1. dalam menentukan leverage alangkah lebih baik dengan menggunakan leverage yang kecil aja, apalagi dalam trader pemula sangat di khawatirkan dengan adanya resiko yang tinggi, untuk agar lebih nyaman dalam pendapatkan profit bisa kita lakukan dalam melakuan belajar sebaik mungkin di akun demo centroFX dengan mt5

    ReplyDelete
  2. kalau aku mah leverage mau berapa aja gak terlalu masalah. kalau ada leverage 1:10.000 pun OK aja.
    kenapa?

    syaratnya transaksi yang dibuka harus diatur maksimal lose nya.

    kalau modal $500
    leverage 1:10.000
    lot 0.05
    maksimal kerugian 100 pip

    kalau rugi ya tetap $50 gak akan berdampak apa apa pada dana.

    yang jadi masalah leverage makin besar orang orang pada gak sadar sama modal sendiri. jadinya ambles deh kalau salah analisa

    ReplyDelete
  3. https://www.omahcoin.com tempat belajar dan memahai forex sebai pemula dan langkah2 awal untuk memulai

    ReplyDelete

Silahkan Tulis Komentar disini:

 

© 2011. All Rights Reserved | CAFE TRADER | Template by Blogger Widgets

Home | About | Privacy Policy | Top