Nov 4, 2015

ISTILAH-ISTILAH DALAM TRADING

Diposkan oleh Ninjaa Trader at 17:21
Dalam bertransaksi Pasar Berjangka (Futures Market) secara online terdapat begitu banyak istilah yang harus kita kuasai supaya kita benar-benar paham dan dapat menyusun strategi dalam bertransaksi. Banyak istilah dalam trading yang harus diketahui trader, khususnya pemula:  Istilah-istilah tersebut adalah :

1.      Trader

Pelaku transaksi Pasar Berjangka.

2.      Broker

Perantara transaksi Pasar Berjangka. Seorang Trader selalu menggunakan jasa broker dalam melaksanakan transaksi di Pasar Berjangka.

3.      Komoditi

Obyek yang diperdagangkan. Contohnya : Emas (XAUUSD), Silver (XAGUSD), Indeks Saham (Hangseng, Nikkei, Kospi), Mata Uang Asing (GBPUSD, EURUSD, USDJPY, dll).

4.      Order

Permintaan transaksi. Order ada dua macam, yaitu order beli (buy) dan order jual (sell).  Contoh : Jika kita ingin posisi beli Emas, maka kita posisi buy XAUUSD. Tapi, jika kita ingin posisi jual emas, maka kita posisi sell XAUUSD.

5.      Bid / Ask

Pasangan harga jual/beli. Jika kita ingin posisi jual, maka kita menggunakan harga Bid. Jika kita ingin posisi beli, maka kita menggunakan harga Ask. Contoh : Harga GBPUSD 1.5250/03, artinya, Jika kita ingin menjual GBPUSD, maka menggunakan harga Bid 1.5250 dan jika kita ingin membeli GBPUSD, maka menggunakan harga Ask 1.5253.

6.      Spread

Selisih antara harga jual dan harga beli. Contoh : Harga GBPUSD 1.5250/03, artinya selisih antara harga jual dan beli adalah 3 pips.

7.      Account

Rekening. Ada beberapa jenis account dalam transaksi Derrivative Market, yaitu :

-          Micro Account. Minimum transaksi adalah 0.01 lot.

-          Mini Account. Minimum transaksi adalah 0.1 lot.

-          Reguler Account. Minimum transaksi adalah 1 lot.

Perlu kita ketahui juga bahwa dalam transaksi online, terdapat dua istilah lain, yaitu :

-          Demo Account. Transaksi yang dilakukan menggunakan dana simulasi.

-          Real Account. Transaksi yang dilakukan menggunakan dana real.

8.      Deposit

Jumlah dana yang kita setorkan ke account nasabah.

9.      Equity

Jumlah dana yang siap untuk dijadikan margin atau jaminan.

10.  Open Position

Transaksi yang sedang berjalan. Contoh : kita melakukan buy XAUUSD $1,600.00 sebesar 1 lot. Artinya, kita memiliki open position buy XAUUSD sebesar 1 lot di $1,600.00.

11.  Floating

Potensi untung atau rugi dari sebuah Open Position. Contoh : sell GBPUSD 1 lot di 1.5900. Harga sekarang 1.5800, artinya kita memiliki floating / potensi untung sebesar 100 pips.

12.  Close Position

Tindakan untuk menutup posisi transaksi yang kita miliki. Contoh : kita melakukan posisi sell GBPUSD 1 lot di 1.5900. Kemudian harga di 1.5850 dan kita menutup / melikuidasi posisi. Itu artinya, kita mendapatkan keuntungan 50 pips.

13.  Free Margin

Sisa dana yang kita miliki untuk dapat membuka transaksi baru selain transaksi yang sedang berjalan.

14.  Margin Call

Peringatan yang datang dari broker yang disebabkan oleh margin yang kita miliki tidak dapat digunakan untuk membuka posisi baru lagi. 

15.  Inject

Tindakan menambah dana ke account kita supaya kita dapat melakukan transaksi kembali.

16.  Take Profit

Merealisasikan keuntungan. Contoh : Jika kita memiliki posisi buy GBPUSD 1 lot di 1.5900, kemudian harga sekarang 1.5950. artinya, kita mendapatkan potensi keuntungan sebesar 50 pips. Hal tersebut belum menjadi keuntungan apabila kita tidak menutup posisi keuntungan kita. Tindakan menutup transaksi tersebut dinamakan Take Profit. Take Profit ditandai dengan bertambahnya saldo Equity kita.

17.  Stop Loss

Tindakan merealisasikan kerugian.  Contoh : Jika kita memiliki posisi buy GBPUSD 1 lot di 1.5900, kemudian harga sekarang 1.5850. artinya, kita mendapatkan potensi kerugian sebesar 50 pips. Hal tersebut belum menjadi kerugian apabila kita tidak menutup posisi kerugian kita. Tindakan menutup transaksi tersebut dinamakan Stop Loss. Stop Loss ditandai dengan berkurangnya saldo Equity kita.

18.  Swap

Bunga yang kita bayarkan atau kita dapatkan dari transaksi terbuka kita. Bunga dihitung sejak hari Senin sampai Jumat tetapi pada hari Rabu ke Kamis beban bunga tiga kali lipat, sehingga beban bunga dalam satu minggu adalah tujuh kali.

19.  Komisi

Jumlah dana yang harus kita bayarkan setiap kita melakukan transaksi.

20.  Over Night

Transaksi yang dibiarkan terbuka hingga berganti hari.


If you enjoyed this post and wish to be informed whenever a new post is published, then make sure you subscribe to my regular Email Updates. Subscribe Now!


Silahkan Untuk Anda Share:

Demi meningkatkan artikel ataupun materi-materi yang ada, kami selalu mengharapkan dan sangat menghargai komentar-komentar Anda

2 comments:

  1. Istilah ini gak usah dihapal kita hanya perlu memahaminya dengan baik sehingga akan membuat kita bisa trading dengan baik. maka dari itulah, untuk bisa trading dengan baik dan maksimal maka kita harus bisa memahami istilah forex uni dengan baik. dan terus meningkatkan skill dengan baik. Dalam rangka meningkatkan skill maka saya mencoba trading di akun demo atau dengan mengikuti kontes demo dari octafx

    ReplyDelete
  2. Kompetisi Demo Ultra Cepat
    Menangkan $100 dalam satu jam saja. Tanpa deposit.


    1. Daftar
    Hanya perlu beberapa menit.
    Anda cukup membuat profil kompetisi.

    2. Tunggu ronde Kompetisi dimulai
    Anda akan diberi pengingat 15 menit sebelumnya via email. Anda akan dibawa masuk ke kompetisi secara otomatis begitu ronde dimulai.

    3. Trading Untuk Menang
    Pilih strategi dan kalahkan kompetitor Anda untuk meraih $100 dalam 1 jam!

    www.ayrex.com/id/contests#/

    ReplyDelete

Silahkan Tulis Komentar disini:

 

© 2011. All Rights Reserved | CAFE TRADER | Template by Blogger Widgets

Home | About | Privacy Policy | Top