Oct 19, 2015

KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN TRADER DAN SOLUSINYA

Diposkan oleh Ninjaa Trader at 08:55
Hai brother... pasti kamu tau yang namanya Margin Call (MC) itu menyakitkan... sakitnya tuh disini...(dimana?) dan merupakan sesuatu yang paling ditakuti oleh trader pemula dan itu sangat tidak dinginkan, namun pada kenyataannya banyak sekali trader pemula banyak mengalaminya. Ya gak papa kalo mau merasakannya... Tapi yang jelas, penyebab MC itu pasti karena kesalahan trader itu sendiri... kadang karena faktor x (koneksi mati – no koment),....Lalu bagaimana Solusinya agar menghindari MC? Apa kesalahan yang sering dilakukan trader dan solusinya?

1. Mempelajari Metode/Sistem Trading Tidak Tuntas
Pelajari metode satu persatu terlebih dahulu, jangan semuanya dipakai ibaratnya air dalam drum dimasukan langsung ke gelas pastinya lebih banyak yang tumpah. Dari hasil analisa, seorang trader pemula selalu gonta ganti sistem...itu biasa. Kan namanya pemula, selalu memiliki rasa penasaran...

Tapi ingat, ada juga orang yang berhasil dengan sistemnya terus kita mempelajarinya eh ternyata pas dipraktekkan malah loss dan loss bahkan sampai Habis modal, eh… langsung di vonis bahwa sitem tersebut jelek padahal baru di coba 1, 2 x saja. Terus ganti sistem lagi, trus ada yang baru dipraktekkan lagi… dan pada akhirnya malah loss & loss dan itu yang saya lakukan dahulu. Trader lama, pasti pernah mencoba yang begini...

Solusinya: sedikit saran dari saya ketika memperaktekkan sebuah sistem trading belajarlah dari orang yang sudah lama malang melintang di dunia porex... mereka punya pengalaman, kamu butuh pengalaman mereka agar paham bagaimana mereka melakukan kesalahan-kesalahan dan membuktikan bahwa dengan sistem tersebut dia dapat berhasil konsisten profit, tapi ketika dipraktekkan malah loss jangan langsung memvonis bahwa sistem tersebut tidak profitable, terus pelajari lagi apa kesalahannya dan perbaiki, Ujilah sistem trading tersebut minimal 1-2 bulan jangan langsung ke real sebaiknya didemo terlebih dahulu, jika kelihatan berhasil konsisten profit baru terjun ke real.

2. Money management berantakan
Forex adalah bisnis maka perlu money management, dalam trading forex tidak harus 100 % profit, prinsip utama money management adalah bagaimana ketika ada kerugian namun hasil akhirnya profit.

Banyak pembahasan money management, tapi selama ini kan Cuma dipelajari saja tanpa mau dipraktekkan. Sama halnya, kita sakit lalu pergi ke dokter dikasih obat  tetapi obatnya gak pernah diminum..

3. OP tanpa analisa/Trading Plan
Banyak seorang trader OP tanpa analisa... kebanyakan open posisi ya karena “ingin OP”, gatel....tangane.. Kadang, ketika di buy malah turun  ketika di sell malah naik kejadian seperti ini sangat lah menyebalkan, maka disana perlu trading plan kapan harus OP/ masuk market, kapan harus keluar market. Lha ini yang perlu dievaluasi..dan selalu ada kontrol diri.

Solusinya! Ya...Milikilah sistem trading praktekan dan uji cobalah. Buat rule-rulenya lalu taati.. Nah ini yang sulit, mentaati rule-rule... maka selalu ingat, kontrol diri..kontrol diri...kontrol diri.... (awas...jangan salah ucap...).

4. OP dengan Lot Sembarangan
Hmmm... ini biasa.. kamu lakukan, kan? Menurutku sih gak papa kalo profit. Kalo loss, ini yang bisa jadi masalah... Ya jangan loss... (Ya gak mungkin profit terus...) .. ya jangan dengan lot sembarangan... (ya wes lah..)

5. Tidak Mau Keluar Market Ketika keadaan terus merugi
Ya, gimana yah...... memang sulit melepaskan ini. Orang kan gak mau rugi... tapi yang terjadi malah rugi lebih banyak lagi. Coba berfikir seperti ini: “Jika jelas salah, sebelum loss banyak aku ikhlas cut loss, agar dapat melihat peluang untuk profit. Jika membiarkan sampai MC, aku gak bakal bisa deposit lagi.. Dollar lagi mahal...uhft..!”

6. Kebanyakan transaksi... Ini yang bikin mumet, banyak OP salah kabeh.... gak ada yang plus, semakin dibiarkan semakin banyak minusnya.. kemudian ragu, mau di cut sayang... dibiarkan koq tambah banyak minusnya...


Hmmm... apa lagi yah.. Eh, ini aja dulu..

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Jika anda ingin pesan buku WAJIB Menjadi Trader Sakti klik aja disini.. http://blog.tradersakti.com/p/blog-page_18.html

Jika masih ingin membaca, lanjut kesini: KLIK sulit meraih profit


If you enjoyed this post and wish to be informed whenever a new post is published, then make sure you subscribe to my regular Email Updates. Subscribe Now!


Silahkan Untuk Anda Share:

Demi meningkatkan artikel ataupun materi-materi yang ada, kami selalu mengharapkan dan sangat menghargai komentar-komentar Anda

1 comment:

Silahkan Tulis Komentar disini:

 

© 2011. All Rights Reserved | CAFE TRADER | Template by Blogger Widgets

Home | About | Privacy Policy | Top