Oct 31, 2015

APLIKASI MANAGEMENT KEUANGAN

Diposkan oleh Ninjaa Trader at 20:08
By Tatang Sunarta

Meneruskan management keuangan yang kemarin, tapi hari ini saya akan ceritakan lebih detil agar tahu bagaimana aplikasi management keuangan. TIDAK perlu sama dengan saya, yang penting tau bagaimana implementasinya/penerapannya. Sesuaikan dengan ‘ladang’ masing2 karena beda ladang beda rumput.

+Bagaimana saya menerapkan Money managemnet dalam bentuk nyata dunia trading?
-Saya dan istri membagi akun yang kita miliki menjadi 3 kategori.

1. Akun Harian (mencari setup order di Time frame kecil, under H4)

2.Akun Mingguan (Mencari setup order di time frame sedang, under weekly)

3.Akun Bulanan (Mencari setup order di time frame besar, mounthly)

Tips: Saya selalu melihat ARAH/TRAND pada Time frame yang lebih besar dan mencari titik order di time frame yang lebih kecil krn biasanya di TF kecil-lah terjadi berbagai koreksi yang pada akhirnya nanti kembali mengikuti arah di TF yang lebih besarnya. Disinilah pentingnya MAPPING/Membuat rekayasa/analisa terhadap market. Tujuannya agar tdk tertipu atau emosi kita teraduk2 di market yang buah negatifnya biasanya kata2 ini “di BUY turun, di SELL naik”. Menurut hemat saya itu karena kita ‘terhipnotis’ oleh market dan buta mana arah mana koreksi.

Apa saya menggunakan seluruh uang yang saya punya untuk dijadikan beberapa akun diatas? TIDAK, ilustrasinya begini (agar lebih mudah difahami) kalau saya punya uang 1.000 USD maka saya hanya menggunakan 100USD yang dibagi menjadi 3 akun tersebut. Jumlahnya akan saya samakan. Mengapa demikian? Kenapa gak dijadikan 100USD itu satu akun saja? Alasannya agar kita bisa lebih jeli dalam menganalisa dan bisa lebih objektif kita berhadapan dgn market. Suatu hari kita akan bilang “oh, klo begini ini peluang entry di H4 krn.....”. “oh, kalau begitu berarti ini peluang entry di H1. Krn....”. “oh, klo begini berarti peluang entry di M15” dst.. dsb...

Kalau gitu berarti repot sekali dong pak krn harus pegang 3 akun? ?#?SalamSefurDulu?. Hehe. Ya tidak. Karena kita melakukan MAPPING terhadap market. Saya hanya pakai 1 akun (yang daily) untuk mencari setup order disetiap harinya. Biasanya akun ini jumlah transaksinya paling banyak krn sy entry di TF under H4. Jadi peluang entry/ordernya lebih banyak karena market bergerak lbh agresif dibanding TF yg lbh besar. Disamping itu (biasanya diawal minggu / akhir minggu) saya juga mapping di akun yang Mingguan, artinya saya merekayasa/menganalisa pergerakan market mingguan kira2 bagaimana. Klo ternyata rekayasa saya benar maka saya lakukan transaksi disitu dengan stop loss dan take profit yang menyesuaikan dengan analisa weekly.

Muncul lagi pertanyaan. Berarti itu entry nya seminggu sekali dong? Dan yang akun Mountly entrynya sebulan sekali dong? Enggak. Contohnya klo saya membaca bahwa pergerakan minggu ini akan turun maka saya akan melakukan re-entry/re-order setiap market melakukan koreksi harga di TF daily dengan lot yang sama dgn yg pertama. Dan begitu seterusnya. Bahasa saya bisa difahami kan sampai sini? Mohon dicerna perlahan ya, gak usah buru2 bacanya. Yang penting faham.

Pada lavel tertentu kita tidak boleh tutup mata bahwa ada teman2 yang memang melakukan setiap transaksinya menggunakan lot maksimal. Menurut hemat saya beliau2 ini memang sudah berada pada lavel dan kemampuan tertentu. Dan yang perlu diingat bahwa beliau2 ini TIDAK menggunakan seluruh uangnya dalam sekali trading. Bisa anda tanya langsung deh. Beliau2 ini juga tetap menggunakan management keuangan yang sehat hanya saja rule of game nya berbeda dengan kebanyakan krn memang lavelnya sudah berbeda. Bukan berarti yang A salah dan yang B benar.

Kedua-duanya menurut saya benar. Yang salah itu yang ikut2an dan membabi buta tanpa tau detil dari hulu sampai hilir. Dan rule of game seperti ini tidak cocok diterapkan untuk yang masih belajar. Tapi klo kita belajar terus dgn tekun dan teliti yakinlah pasti kita sampai pada lavel tersebut.
Oh ya, sebelum saya akhiri ada yang lupa. 3 jenis akun itu saya widrawl sesuai peruntukannya ya. Contohnya. : akun weekly sy deposit hari senin dan jumat WAJIB widrawl apapun hasilnya. Akun mounthly sy deposit awal bulan dan akhir bulan wajib wiTHdrawl apapun hasilnya. Kenapa demikian? Klo memang akumulasi totalnya loss knp ga tunggu win dulu baru kemudian widrawl?

Pertanyaanya saya balikan. Kenapa harus nunggu win baru widrawl padahal rule/management nya sudah kita buat demikian. Maka patuhilah. Lagipula apa bedanya klo kita widrawl dulu kemudian re-deposit lagi? Klo kita ga widrawl dulu trus kapan kita evaluasi perjalanan trading kita? Trading itu kegiatannya. Widrawl itu hasilnya. Jadi bukan terus2an trading tanpa widrawl. Klo itu yang terjadi berarti kita terus2an menanam padi tanpa pernah menuai hasilnya. Dan itu kurang tepat. Ada saat dimana kita menikmati hasil. Ada saat dimana kita harus evaluasi. Ada saat dimana kita harus menghitung ulang dll. Itulah pentingnya managemenet. Serba terukur..

Mungkin teman2 ada yang ingat dulu sekali saya pernah belajar tentang bagaimana menggunakan lot maksimal dengan belajar dari salah seorang sahabat facebook dan saya memulai sebuah akun yang dimulai dari deposit 2USD dan widrawl 3digit. Kemudian saya naikan deposit 2 dan widrawl 3 digit. Kemudian saya naikan lagi deposit 3 digit dan berhasil withdrawl 4 digit. Ada yang masih ingat? Sekarang akun daily saya dgn rule of game yang sama sudah dimulai dari 10.000USD setiap minggunya. Kenapa saya harus mulai dari 2 USD? Karena management yang baik itu merawat, menjaga, mengendalikan dst... istri saya juga komplain. knp 2 usd? Buang2 waktu lah. Dll.. memang bisa saja dulu saya mulai dari 10.000USD tapi klo itu saya lakukan saya seperti membangun rumah diatas pasir. Terlalu rapuh dan riskan. Dan tidak butuh waktu lama untuk saya jatuh/MC karena nafsu sy tdk terbangun dengan baik secara perlahan. Disitulah kenapa management itu penting.
?#?SalamSefur?.


If you enjoyed this post and wish to be informed whenever a new post is published, then make sure you subscribe to my regular Email Updates. Subscribe Now!


Silahkan Untuk Anda Share:

Demi meningkatkan artikel ataupun materi-materi yang ada, kami selalu mengharapkan dan sangat menghargai komentar-komentar Anda

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

Silahkan Tulis Komentar disini:

 

© 2011. All Rights Reserved | CAFE TRADER | Template by Blogger Widgets

Home | About | Privacy Policy | Top