TIDAK ADA TRADER SUKSES SELAMA MENJADI BUDAK CHART

Pemula mungkin selalu ingin mendapat pencerahan; nah tulisan ini semoga memberi ruang di hati pemula sebagai salah satu pencerahan. Tapi nek tambah bingung aku ora tanggung jawab hahahaha.

Baiknya, pemula itu yang harus diprioritaskan pertama kali adalah sistem. Sebuah sistem yang sederhana untuk strategi tempur di market. Tanpa strategi dikuasai, hanya bengong atau ngawur saja dalam tradingnya. Sudahkah Anda memiliki strategi itu? Jika belum, Anda bisa mulai pelajari pola candle, price action, trendline, support resistance pivot  dan fibonancy.  Saya kira itu juga sederhana. Jika sudah ada, ya tinggal diterapkan saja.

Yang penting, taati sistem itu; jika market tidak memberi peuang untuk masuk sistem Anda, ya "wait". Kadang kelemahan trader disini, tidak sabar menunggu...

Namun harus dipahami bahwa tidak ada sistem yang sempurna, sehingga Anda harus mengantisipasi selalu dengan pengaman (hedging atau stop loss). Tidak ada seorang pun yang mengetahui pergerakan harga semenit kedepan. Meski kita sudah menganalisa secara njlimet; pake beberapa indikator yang jitu, makannya sudah bergizi... minumannya berenergi... laptop sudah dibola balik ...  whuahahahhahahaa. Tetap saja kita tidak tahu market mau kemana..?

Jika sudah memiliki sistem sendiri, jangan pedulikan sistem orang lain karena ada jutaan sistem strategi yang dipakai orang lain. Jika Anda mempelajari sistem-sistem mereka pun  akan Anda dapatkan kesimpulan "bagus-bagus" berdasarkan logika Anda. Anda mencoba mempelajarinya bahkan menerapkannya... Tetapi ada rahasia di dalamnya: "Sistem yang Anda sedang pelajari dari seseorang (pengguna sistem), si pengguna sistem itu sebenarnya mungkin tidak pakai tuh sistem, dia juga tidak pede dengan sistemnya (yang kamu anggap bagus itu),  bahkan dia juga lagi ngintip-ngintip sistem punya orang lain juga whuahahahahahaa.  Begitu Anda pakai sistemnya dia, si dia sudah tidak pakai sistem itu .... Dia sudah pakai sistem yang lain juga... Apa mau Anda kejar juga sistem yang baru itu? whuahahha.... Gak akan ada selesainya Bung! Yang 'selesai' adalah akun Anda"

Yang saya ingin simpulkan adalah milikilah sistem yang Anda ramu sendiri dengan basic ilmu dari kawan-kawan Anda, internet dll. Anda yang bereksplorasi atau memodifikasi sistem  kawan yang Anda anggap bagus juga cocok dengan type Anda. Jangan jadi pengekor ... !

Buku Karya Ninjaa Trader: Ayo yang belum memiliki buku Menjadi Trader Sakti dan The Psychologian Trader silahkan order sebelum kehabisan stock......... Info harga klik DISINI


Kalau sistem sudah ditangan, tinggal diterapkan saja dalam akun real, lihat bagaimana hasilnya jika Anda mentaatinya. Jika bagus lanjutkan, jika ada kelemahan dimana kelemahannya dan bagaimana harus menambal sistemnya agar lebih baik dan mendekati sempurna.

Usahakan sih, sistem yang bekerja bukan emosionalnya.... maka lengkapi sistem Anda dengan rule-rule pelengkap seperi penggunaan money managemen, dan sifat-sifat psikologi yang harus ditaati.

Jika demikian itu bisa dilakukan maka intensitas berinteraksi dengan chart tidak terlalu sering dilakukan. Ini menyehatkan buat trader. Ingat ya, tidak ada  trader yang sukses selama dia menjadi budak chart!

Kalau masalah target, buatlah target yang logis dengan tidak mengesampingkan masalah rejeki dan rahmat dari Tuhan YME. Sehingga Anda tidak perlu memperkosa diri untuk memaksa mendapatkan target yang telah ditetapkan, kedepankan rasa syukur kepada Tuhan, ini yang utama. Artinya, jika hari itu  belum kena target tetapi pergerakan market tak satu pun ada peluang yang 'match' dengan sistem Anda, lebih baik berhenti dan syukuri berapapun yang telah didapat.


Sepertinya trading model begini, akan lebih enjoy .. dan kabar baiknya Anda bisa!
................................................................


Baca juga Artikel: Rahasia Profit Konsisten



buat akun hotforex disini
buat akun fxcl disini


0 Response to "TIDAK ADA TRADER SUKSES SELAMA MENJADI BUDAK CHART"

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar disini:

Ads

wdcfawqafwef