KEKELIRUAN DALAM MENGANALISA FUNDAMENTAL

by Hendrik Siahaan
Lanjuuut..!
Anda sudah baca tentang Range? Jika belum.. baca dulu disini!
Dalam  soal range sudah diingatkan bahwa posisi penting range tidak bisa terlepas dari analisa fundamental. bagaimana cara mencernanya? Kita bahas sekarang.

1) KEKELIRUAN dari banyak trader adalah MENELAN MENTAH-MENTAH data fundamental. apalagi yg sudah berupa review atau berita di media. tidak salah.. tapi kurang cermat. ada banyak "jebakan batman" yang memang sudah dipersiapkan oleh bank2 besar, investor besar atau bank sentral untuk membentuk opini publik meskipun sebenarnya maksud dari mereka adalah sebaliknya. karena itu tidak heran kalo warren buffet belum lama ini menyebut bank sentral AS sebagai hedge fund terbaik tahun ini karena cerdas dalam membuat opini publik di media (klo nggk licik namanya bukan amrik).

2) Yang harus diperhatikan adalah DATA MENTAH fundamental. dalam artian; asli dari sumbernya. nah, data mentah itu pun tidak serta merta akan menjadi impact SEKARANG juga.. tapi akan menjadi momentum di waktu yang akan datang. (kecuali bencana alam, perang, kriminal, dll).

3) Lalu bagaimana caranya mengawinkan analisa range dengan fundamental??? begini, pernahkan anda merasa "kecele" atau "tertipu" dengan berita fundamental? misalnya, berita yg seharusnya positif buat dollar eehh dollar malah melemah... biasanya krn pengalaman seperti ini.. orang jadi kapok menggunakan analisa fundamental

4) Seperti yang sudah saya katakan di atas, data mentah punya impact dikemudian hari.. dan mereka yang membuat opini publik di media.. TENTUNYA MEMPERHATIKAN RANGE HARGA...!!!!!

5) Karena itu kadang kita merasa kecele dengan analisa fundamental karena menelan bulat2 berita itu tanpa memperhatikan range. yang perlu anda ketahui.., setiap bank2 besar, bank sentral, investor besar.. MERENCANAKAN pembentukan opini publik jauh2 hari sebelum berita/news fundamental dirilis. dan mereka amat sangat memperhatikan range harga sebagai bahan pertimbangan. Mungkin dari sini sudah ada sedikit gambaran apa maksud saya pada status sebelumnya perihal mengapa analisa range tidak bisa berdiri sendiri dan harus dikawinkan dengan analisa fundamental (dan manajemen resiko).. bagaimana cara kerjanya? Ini yg sulit.. bukan sulit mengerjakannya.. tapi sulit menjelaskannya.. maklum, saya bukan penulis yg lihai menuangkan isi kepala kedalam kata-kata.




0 Response to "KEKELIRUAN DALAM MENGANALISA FUNDAMENTAL"

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar disini:

Ads

wdcfawqafwef