Oct 15, 2013

APLIKASI TRADING: MENGAMBIL HIKMAH DARI PERILAKU BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT


By  Setio Ariwibowo
Mungkin Anda akan terkejut atau mungkin tertawa geli membaca judul dari artikel ini, bagaimana bisa dalam APLIKASI TRADING kita bisa MENGAMBIL HIKMAH DARI PERILAKU DALAM BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT... Lebih dari 500 tahun silam, jika Anda percaya, Islam telah mengajarkan psikologi . Mohon maaf untuk trader non muslim, artikel ini hanyalah sebuah renungan seorang newbie yang tidak bermaksud mengarahkan pembicaraan soal agama, tetapi lebih kepada wawasan spiritual. Subyektifnya, karena penulis adalah seorang muslim.

Nah untuk menyegarkan ingatan Anda,coba anda buka blog ataupun kumpulan artikel yang membahas tentang kisah para trader sukses baik itu lokal maupun luar negeri pasti mereka banyak memberi saran ataupun masukan bahwa untuk menjadi trader yang sukses Anda harus mempunyai kontrol atas 2 hal yaitu: disiplin dan kesabaran, ya toh? Lalu apa hubungannya dengan Islam??? Nah ini yang sebagian ataupun kebanyakan orang lupa/gak sadar bahwa sebenarnya 2 hal itu sudah di galakkan lebih dari 500 tahun yang lalu. Mari kita bahas satu demi satu:

  1. DISPLIN,
    Kalo menurut pemikiran saya disiplin itu melakukan hal yang sama pada waktu yang sama pula. Nah disiplin itu kan sudah diajarkan bahkan di perintah langsung oleh ALLAH SWT  melalui printah sholat 5 waktu. Coba Anda perhatikan di saat adzan berkumandang sesibuk apapun kita toh kita harus ke masjid/musolla, ini biasanya yang paling berat pas subuh nih lagi enak2 ngiler disuruh berangkat ke masjid hehehee...tapi ya itulah perjuangan untuk mendapatkan disiplin tingkat tinggi memang gak mudah.

    Tapi sebenarnya  kata kunci disiplin inilah yang akan menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan trading Anda.

    Sebenarnya perintah shalat itu disaat kita umur 7 tahun sudah ada kewajiban  shalat dan baru wajib ketika sudah baligh. Jika Anda sekarang ini pada usia 20-25 tahun dan sudah menjadi  trader seharusnya tidak ada masalah dengan psikologi Anda karena Anda sudah di gembleng selama 5 tahun untuk belajar disiplin dalam shalat, kecuali kalau memang shalat Anda bolong-bolong, gak tepat waktu, atau bisa jadi gak pernah shalat sama sekali wkwkwkwk.

    Yang sudah ya sudah, saya juga tidak menuduh shalat Anda bolong-bolong kalau Anda gak bisa disiplin dalam trading.... Tulisan ini sekali lagi hanya buat renungan saja, dilarang menanggapi secara emosi lho! Maksud saya, kalau sekarang psikologi trading Anda dalam masalah disiplin belum sempurna, ya belum  ada kata terlambat. Kita harus bisa belajar dari pendidikan disiplin dalam shalat.
  2. Kesabaran
    Kesabaran ini juga salah satu faktor penentu kesuksesan dalam trading. Kabar baiknya, kesabaran juga bisa dilatih dengan puasa. Coba Anda perhatikan pas bulan ramadhan, menjelang waktu berbuka puasa pasti mereka udah pada di depan hidangannya masing-masing sambil dengan setia nunggu bedug maghrib hehehehe. Anda tidak akan melakukan apa-apa sebelum bedug benar-benar  berbunyi wkwkwkwkwk... Hampir  sama toh kayak trading..? Kita tahu  puasa ini kan hukumnya wajib dari dulu sampai sekarang. Nah kalo sekarang Anda trading masih sering loss apalagi MC gara-gara tidak sabar... berarti belum berhasil pendidikan berpuasa diterapkan dalam trading.

Jadi untuk para trader yang belum bisa profit konsisten, yang masih sering loss bahkan MC mulai saat ini tanyakan pada diri  masing-masing; strategi tradingnya yang salah atau mungkin belum bisa mengambil hikmah dari perilaku dalam menjalankan ibadah kita (sebagai muslim)?
Allahu a'lam

Demikian APLIKASI TRADING: MENGAMBIL HIKMAH DARI PERILAKU DALAM BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT semoga bermanfaat.

sudah banyak yang merasakan manfaat buku "menjadi trader
sakti", ayo.....!!!! yang belum memiliki buku MTS ini silahkan
order sebelum kehabisan.....
untuk pemesanan buku silahkan klik http://www.tradersakti.com/#page-top

Jika anda ingin mendalami ilmu mensiasati trading forex dengan SMARTSOP, anda bisa bergabung bersama kami, anda bisa lihat informasi lengkapnya disini :

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner