Apr 21, 2013

HARGA YANG HARUS DIBAYAR

Diposkan oleh Ninjaa Trader at 09:53

Apakah strategimu? Bagaimana gayamu dalam trading?  Ya, semua mengandung kelebihan dan kelemahan. Ini yang harus disadari, sehingga peluang untuk loss itu ada.  Kecuali kalau  kamu menganggap bahwa sistem kamu telah sempurna. Saya katakan, itu untuk saat ini, belum tentu besok..!

Jika Anda type follow the trend : Anda akan stress ketika kamu baru memasuki ujung trend  dan kamu follow terus... kecemplung jurang, itu yang akan terjadi. Harga berbalik dan terjadi trending dengan OP kebalikan. Jika Anda  melakukan averaging, maka akan semakin menipiskan margin  kamu. Apakah kamu orang yang sok tahu ujung trend, sehingga kamu bisa menghindar setiap saat bertemu? Ouuwh, itu  kebetulan. Whuakakaakaakkaa...  Solusinya adalah pemakaian SL  atau penggunaan MM yang ketat.  Anda akan pada posisi aman. Tetapi apakah itu sudah aman sekali? Oouuwh tidak! Karena saya juga tidak yakin, apakah Anda tahu itu trend. Setiap orang memahami trend secara berbeda tergantung dari sudut mana dia bicara. Dari time frame yang dia lihat? Atau dari indikator tertentu? Atau dari trendline? Atau dari pemahaman mereka sendiri tentang itu. Setiap  trader ditanya  tentang trend kamu akan mendapatkan jawaban yang berbeda. Mengapa? Karena tidak ada kurikulum acuan yang pasti untuk menjawab trend.  Kamu akan stress dibuatnya; apalagi kalau semua jawaban itu meyakinkan kamu. Maka stressmu semakin meningkat...! Jika ada master yang mengatakan trend up trend down, wokey gak masalah. Begitu diikuti, kamu OP sesuai arah tadi, mengapa kamu floating minus berkepanjangan bahkan  mencapai titik kritis?  Lalu apa sesungguhnya trend itu? Tidak ada masalah dengan semua definisi trend...  Ikuti saja mana yang kamu yakini. Tetapi persoalannya adalah ketika tidak ada jawaban yang pasti tentang ujung trend.  Persoalan sesungguhnya baru dimulai. Padahal, siapa yang sesungguhnya tahu posisi ujung trend?  Ya, tidak ada yang tahu..! Kalau semua orang tahu, semua  orang bakalan menjadi trader. Sesuatu yang tidak mungkin menyalahi sunatullah.  Karena gak mungkin semua orang kaya raya.. whuakaakakakaa.... Ya, bagi saya semua tahu trader itu paham trend, wong diliat pake mata telanjang itu bisa mengatakan lagi up atau lagi down.  Tapi dimana yang pasti akan berhenti dan berbalik? Ini yang sulit, dan kebanyakan alasan inilah yang membuat trader itu loss bahkan MC.

Jika anda type counter trend, oowh sama saja... ! Kamu sudah menganggap itu ujung trend ternyata trend masih berlanjut. Dan masih 1000 pips lagi padahal kamu sudah melakukan averaging dan itu artinya margin juga akan semakin menipis. Suatu saat, bisa bertemu dengan kondisi akun yang kritis. Solusinya, masih sama: SL dan MM yang ketat. Artinya, kamu membutuhkan  suatu mental untuk memutuskan  dalam kondisi  tertentu kamu akan cut loss. Jika memang itu harus dilakukan. Kalau kamu menginginkan tidak MC akun kamu.  Jika tidak mau, ya ada harga yang harus dibayar.
Maaf, aku hanya bicara yang realistis dan gak muluk-muluk tentang trading. Karena pada akhirnya kesimpulan tentang trading forex : sulit untuk profit.

Tapi apakah tidak bisa profit? Ya bisa.. banyak juga yang profit dan WD secara kontinyu ? Siapa mereka...? Mereka adalah orang yang  mampu menerapkan MM secara baik, tidak suka eman-eman tetapi lebih menitikberatkan pada “keamanan ” akun. Jarang yang bisa seperti itu.. karena  hubungannya dengan psikologis trader yang matang. Dan ini pun juga sulit.

Maka menurut saya,  jangan hina orang yang lagi loss bahkan MC. Kasihan, karena trading yang profit itu sulit. Itupun bisa terjadi pada kamu. Jangan menganggap kamu ini dewa market; sistem kamu yang lebih hebat, duit kamu yang lebih banyak, profit kamu yang telah konsisten... Ingat, trading itu setiap hari pasar aktif. Ancaman loss dan MC itu bukan yang pada hari-hari yang telah berjalan, tetapi pada hari ini; mungkin nanti sore, nanti malam, esok hari, lusa.. minggu depan... bulan depan, dan seterusnya. Apakah kondisi psikologi seseorang akan  selamanya stabil? Apakah kehidupan seorang trader itu tidak pernah ada masalah? Kalau dia memiliki masalah; apakah dia bisa trading dengan baik? Atau apakah dia bisa berhenti trading padahal kebutuhannya cukup karena selama ini dari hasil trading?

Bagi saya adalah; tidak ada trader yang bisa dikatakan hebat, selama dia masih trading. Karena kehebatannya masih diuji setiap hari  saat dia trading.  Its not yet game over! 

Maka tidak perlu mendewa-dewakan master Anda, terlebih diri Anda sendiri.  Apapun sistemnya, karena ujung-ujungnya kamu akan kecewa...! Apalagi di gosip kepada  temen-temen; bahwa si Anu loss, padahal master.  Master koq loss,master koq punya hutang... dll.  Coba perhatikan, apalah arti seorang master menghadapi bisnisnya. Perusahaan listrik Negara Indonesia saja punya hutang?  Seringkali PLN juga mematikan diwilayah tertentu yang artinya mereka sedang floating negatif? Amerika Serikat negara adidaya saja punya hutang? Amerika menghadapi ancaman teroris juga klepek-klepek? Apalagi seorang trader.  Ancamannya lebih besar dibanding ancaman teroris. Kalau teroris sih, ancamannya mati, nyawa melayang. Selesai urusan. Jika trader; ancamannya adalah kemiskinan dan dia masih hidup dengan tekanan batin yang luar biasa, setiap saat!

Banyak kasus yang telah saya alami sepanjang pengalaman trading saya, dan itu mengerikan. Alhamdulillah, saya masih bisa bertahan. Karena aku siap dengan risiko, berani menghadapi risiko dan aku pantang menyerah. Mencoba bertahan dengan semua keterbatasan dan terus bergerak maju.
Banyak banget persoalan trader yang tidak terungkap secara jujur disitus-situs forex.  Aku lebih sering melihat situs-situs forex bicara tentang strategi, tentang MM, tentang psikologi, tentang analisa..  Tetapi jarang yang saya temui  persoalan “kejujuran” tentang forex. 

Mereka jarang membahas sesuatu yang nyata dan keadaan sebenarnya tentang forex dan pernak-perniknya; “apa yang sedang terjadi pada para trader?”  Tetapi tidak masalah, mereka sudah andil besar untuk mencerdaskan para trader, saya  salut.

Dunia forex diramekan lagi dengan investasi, dijanjikan profit bombastis dan spektakuler. Tetapi itu janji. Banyak orang mencari duit dengan memberi janji.  Padahal realitanya; profit yang sedang-sedang saja ancamannya adalah loss dan MC.  Ingat, kalau masalah profit; kita boleh bicara 5 %, 10 % bahkan 1000 %, tetapi untuk risiko, hanya satu kata: 100 %.

Banyak kasus sesungguhnya, diantaranya masyarakat yang tidak memahami forex tetapi telah investasi di forex.  Kalau kita sebagai trader, wokey siap menjalankan amanah para investor. Siapapun mereka; mengenal forex atau tidak mengenal forex.  Tetapi pada akhirnya; ada masalah muncul dikemudian hari, ketika trader loss mengerjakan akun-akun investornya.  Bagi sebagian investor mengerti risiko itu dan tentu tidak menimbulkan masalah. Tetapi yang sebagian lagi; Jika tidak urusan dengan risiko, maka mereka akan mengejar sampai ke lubang semut kemana trader itu lari. Bahkan dalam kasus yang pernah terjadi , saya dulu pernah alami sendiri: pada saat awal diperjanjian : investor  mengerti risiko, tidak akan meminta pertanggungjawaban trader ketika loss dalam investasi. Namun, begitu itu terjadi dan investor di kejar  setoran bank, maka  investor akan mengejar trader menuntut pertanggungjawaban. 

Ini salah satu pernak-pernik dunia investasi. 

Saya juga banyak bertemu dengan trader-trader baik hati dan mereka menangani investasi. Mereka tidak ada perjanjian yang jelas dengan investornya masalah risiko. Begitu loss, trader ini memberikan “profit” kepada investornya, yang sebenarnya bukan “profit”, mungkin  hutang sana sini, jual barang yang dia miliki dll. 

Entahlah apa hikmah semua ini buat kamu para trader Indonesia yang aku banggakan...!
Saya hanya berharap, kamu muter dana fresh... untuk akun kamu.  Jika ada duit investasi, pastikan lagi tentang risiko dengan investor kamu itu.  Jika dia akan mengejarmu ketika loss, kembalikan  uangnya...! Puterlah duit  fresh sendiri meski Cuma $20. Bersabarlah...!

Jangan menantang risiko karena kemampuanmu yang selama ini hebat... meski aku percaya, kamu selama ini bisa.  Namun beda kondisinya dengan dana orang lain, dan jumlah yang diputer dari investasi itu juga bisa mempengaruhi trading kamu. 

Jangan biarkan kamu “jatuh”!  

Jika  apa yang saya omongkan ini tidak penting, atau kamu tidak percaya.. abaikan saja.
Bahkan Kamu boleh mengatakan saya  bulshit, tetapi saya puas, karena saya sudah  jujur tentang forex. 

Saya Ninjaa Trader

Ingin berbagi risiko dengan tidak menaruh telor di dalam satu keranjang? Inilah rekomendasi keranjang buat Anda: Buka account Fxclearing

sudah banyak yang merasakan manfaat buku "menjadi trader
sakti", ayo.....!!!! yang belum memiliki buku MTS ini silahkan
order sebelum kehabisan.....
untuk pemesanan buku silahkan klik http://www.tradersakti.com/#page-top

Jika anda ingin mendalami ilmu mensiasati trading forex dengan SMARTSOP, anda bisa bergabung bersama kami, anda bisa lihat informasi lengkapnya disini :
http://cafetrader.blogspot.com/p/blog-page_27.html

buka akun HOTFOREX disini


If you enjoyed this post and wish to be informed whenever a new post is published, then make sure you subscribe to my regular Email Updates. Subscribe Now!


Silahkan Untuk Anda Share:

Demi meningkatkan artikel ataupun materi-materi yang ada, kami selalu mengharapkan dan sangat menghargai komentar-komentar Anda

10 comments:

  1. Memang bang.. hampir sebagian besar traders yang gagal malah menceritakan "seupil" keberhasilan mereka.. mungkin itu salah satu tujuan cari investor..
    kalo aq sih mending sesuai anjuaran abang.. trading sendiri, lebih legit..
    loss ya dinikmati sendiri kesedihannya...
    kalo Profit apalageeee.. hehehehe.. :)

    berat benerna tanggungan jadi trader yg mainin dana investor.. berat dunia akhirat.. :)
    kalo kita gak srakah.. pasti kita hindari itu.. :)
    salam kenal bang.. :)

    moga makin sukses ya

    ReplyDelete
  2. mantap pakde...lanjut terus untuk memberikan motivasi

    ReplyDelete
  3. ah master.. ini untuk introspeksi aja.. bukankan master ninja trader pernah ngadain pelatihan "dijamin profit"... maaf kontradiksi dengan posting2 anda ini buat intrispeksi saja.. kalo udah jujur dalan forex tolong kalo buat pelatihan2 jangan menjanjikan sistem yang profit..

    Salam..

    ReplyDelete
  4. aku gak pernah menjanjikan "pasti profit" mas. coba bisa ditanyakan sm orng2 yg pernh ikut pelatihan sy.

    ReplyDelete
  5. Bahkan sebagian besar di pelatihan sy cuma upgrade mindset aja, gak ngasih sitem apa2...!

    ReplyDelete
  6. tapi terima kasih ats komentar anda, itu tandanya perhatian.. tq banget mas... siap gak menjanjikan profit..!

    ReplyDelete
  7. Luar bisa atas postingan Anda Om Ninja Trader <<<<jujur saya katakan sebagai seorang newbie kayak saya ini hanya sepatah kata enakan trading sendiri or muter uang sendiri loss or mc dinikmati sendiri sebab hasilnya lebih enak..... munkin itu yg bisa dikatakan happy trading

    ReplyDelete
  8. jadi misalnya ada yang pengen diputer dananya, agan ga berani ya??

    ReplyDelete
  9. dokter forex sesubaSun Jun 02, 02:38:00 PM

    woi...hahahhaha..saya sesuba..artikel bagus...

    ReplyDelete

Silahkan Tulis Komentar disini:

 

© 2011. All Rights Reserved | CAFE TRADER | Template by Blogger Widgets

Home | About | Privacy Policy | Top